WeCreativez WhatsApp Support
Selamat Datang di Website Kami
Ada Yang Bisa CS kami Bantu
Beranda » Uncategorized » Tips Dalam Memilih Provider Outbound

Kegiatan outbound adalah kegiatan di alam terbuka yang banyak diminati hingga saat sekarang ini. Namun sayangnya banyak klien pemakai jasa outbound  ataupun masyarakat awam yang memahami outbound hanya sebagai media rekreasional dan having fun. Padahal fungsi outbound  bukan sekedar untuk kegiatan rekreasional maupun komplemen sebuah event saja. Fenome yang terjadi belakangan ini adalah semakin banyak provider outbound yang hanya mencoba untuk menjawab kebutuhan pasar tanpa melakukan edukasi yang benar kepada klien mereka tentang outbound itu sendiri.  Bahkan provider outbound  itu terkadang hanya akan menitik beratkan pada kemasan acara atau permainan-permainan yang cuma membuat peserta tertawa, sehingga kegiatan yang dilaksanakan terlihat meriah padahal tidak bernilai apa-apa. Provider outbound  dengan program yang berkualitas, seharusnya mampu mengobservasi, memberikan assessment, memberikan in sight  dan conclution serta memiliki dasar teori, metode, dan target dari setiap outbound training yang dilaksanakan.

Jika klien hanya di sajikan kegiatan rekreasional, tentunya akan mendatangkan kerugian bagi klient karena tidak memperoleh program yang berkualitas sesuai dengan ekspektasi dari klient. sebuah pelatihan outbound yang sebenarnya harus memiliki tujuan dan target yang jelas dan terukur dengan investasi dana, waktu, maupun tenaga dalam pelatihan yang ingin dicapai.

Untuk bisa memilih provider outbound yang tepat, apalagi jika outbound yang diharapkan bersifat educational dan development, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Portofolio dan rekam jejak klien yang pernah ditangani

Cara termudah dalam memilih provider outbound yang tepat adalah dengan melihat kegiatan outbound training apa saja yang sudah pernah dilakukan dan siapa saja klien yang pernah ditangani. Selain itu bisa juga dengan melakukan cross-check kepada klien yang pernah memakai jasa provider outbound tersebut. testimoni terkait hasil dan pelayanan yang diberikan pada saat pelaksanaan kegiatan bias kita pakai sebagai bahan pertimbangan.

Profil Fasilitator

Kualitas sebuah lembaga tentunya sangat ditentukan oleh orang-orang yang ada di dalamnya, demikian juga pada provider outbound. Dengan meminta profil dari fasilitator (pendamping dari pihak provider outbound) berdasarkan sertifikat sebagi fasilitator terkait pengalaman dan kapabilitas yang dimiliki, maka akan diperoleh gambaran lebih tentang kemampuan provider tersebut dalam mencapai target pelatihan yang ditetapkan dan ingin di terapkan.

Penguasaan Konsep, Teori dan Metode

konsep pelatihan yang baik, selalu memiliki dasar teoritik. Misalnya jika pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok, maka provider outbound tersebut harus mengetahui konsep dan teori team building / teamwork terkait apakah teamwork itu, aspek apa sajakah yang mempengaruhi teamwork secara positif dan negatif, parameter apa saja yng digunakan untuk menilai bahwa sebuah team dikatakan memiliki teamwork yang baik, dan sebagainya. Yang harus selalu di pahami adalah Outbound Training bukanlah semata-mata rangkaian permainan atau games, tapi merupakan suatu treatment yang didesain sedemikian rupa berdasarkan teori dan konsep berpikir yang jelas untuk mencapai target yang dimaksud.

Memiliki Badan Hukum serta  Alamat Kantor yang jelas

Aspek ini cukup mutlak apabila dikaitkan dengan tujuan pelatihan, karena badan hukum adalah salah satu indikator yang menunjukkan keseriusan dalam menjalankan bisnis di bidang tersebut dan bukan sekedar bisnis sampingan atau dadakan. Demikian pula halnya dengan keberadaan kantor dan website yang representatif. Untuk lebih meyakinkan agar tidak salah dalam memilih provider outbound dan menemukan provider yang tepat, mintalah kepada provider tersebut untuk mempresentasikan program serta persiapan program yang telah direncanakan sebelum kegiatan dilaksanakan pada hari H.

 

Memahami Teori Need Analisis (TNA)

Dengan semakin beragamnya program yang ditawarkan serta banyaknya provider outbound yang menawarkan jenis kegiatan yang terlihat serupa belakangan ini, maka memahami TNA atau kebutuhan yang menjadi landasan dasar kegiatan menjadi suatu hal yang mutlak harus dipahami calon klien dalam menentukan provider outbound yang tepat untuk setiap bentuk kegiatan. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tujuan akhir dari kegiatan sehingga semua yang menjadi harapan dan tujuan dari kegiatan dapat tercapai. Ada baiknya dalam setiap kegiatan yang direncanakan, PIC atau calon klien mengadakan diskusi dan meminta presentasi rancangan program kepada provider outbound yang bersangkutan agar semua kegiatan terencana dengan matang dan berjalan dengan baik.

Demikian tips dalam memilih provider outbound yang tepat, semoga tips di atas dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum menentukan provider outbound yang paling tepat untuk kebutuhan anda, karena antara outbound dan fun games adalah dua bentuk kegiatan yang sangat berbeda. Pada Intinya outbound adalah kegiatan yang lebih bersifat edukatif, yaitu kegiatan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan baik secara indivu maupun kelompok dengan dinamika yang dirancang sedemikian rupa sehingga mampu bersinergi berdasarkan konsep experiental learning. Harapan kita tentunya setiap klien yang akan melaksanakan kegiatan outboundtraining bisa memahami lebih jauh metode outbound yang sesungguhnya, sehingga tidak terjebak dengan metode atau pemahaman yang keliru.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.