WeCreativez WhatsApp Support
Selamat Datang di Website Kami
Ada Yang Bisa CS kami Bantu
Beranda » Uncategorized » ANEKA JENIS TENDA BERDASARKAN FUNGSI KEBUTUHAN DAN LOKASI KEGIATAN

Buat kamu yang ingin berakhir pekan dan ingin berpetualang di alam terbuka atau sekedar ingin berkegiatan di lokasi yang cukup jauh dari pemukiman, tentunya agar kegiatan kamu berjalan dengan lancar serta bisa terhindar dari udara terik dan hujan dibutuhkan tenda yang sesuai dengan kegiatan dan kapasitas peserta kegiatannya. Pastinya ada banyak sekali jenis tenda yang biasa digunakan untuk perlindungan serta tempat beristirahat selama kegiatan, yuk simak dulu infonya.. agar lebih mengenal fungsi, kapasitas dan kelebihan dari setiap tenda supaya tidak salah pilih tenda dan porsinya juga sesuai dengan kebutuhan.

Diantara beragam jenis tenda dibawah ini mungkin bisa di jadikan referensi untuk kegiatan kamu:

TENDA PLETON

Tenda yang satu ini umumnya di manfaatkan menjadi Tenda Barak oleh TNI/Polri. tenda ini sering disebut juga dengan tenda pengungsi mungkin karena ukurannya yang cukup besar, sehingga bisa menampung hingga sebanyak 50 orang di dalamnya. Untuk ukurannya pun relative luas yaitu berkisar 6 x 14 m. tenda barak ini cenderung memiliki desain bahan yang kuat, serta material langka yang memiliki daya tahan tinggi terhadap iklim tropis. Dengan segala kelebihannya inilah, sehingga Tenda ini sangat cocok dan seringkali digunakan untuk Tenda Militer/ Tenda Barak, Tenda Pengungsian, Tenda Darurat Bencana, tenda event bahkan untuk acara Camping.

 

TENDA KELUARGA

Hampir menyerupai tenda pleton, untuk ukuran dan kapasitasnya, tenda keluarga termasuk kategori tenda yang cukup luas. Tenda ini mempunyai ruang multi kamar tidur dengan pintu masuk yang terpisah sehingga membuat privasi kita tetap terjaga. Meskipun dinamakan dengan tenda keluarga, tetapi tenda ini juga tetap bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. Pada kenyataannya, meskipun mampu menampung banyak orang dalam satu tenda besar ini, tapi untuk pengaturan pemasangan tenda ini akan sedikit lebih sulit, karena Memiliki beban bobot yang berat dan harganya yang relatif mahal. Pada umumnya tenda keluarga ini lebih sering digunakan untuk dipasang dikawasan glamping.

 

TENDA GEODESI DAN SEMI GEODESI

Tenda yang menyerupai tenda kubah ini memiliki tiang tambahan yang saling silang satu sama lainnya sehingga membentuk area dalam yang lebih luas dengan struktur yang lebih kuat. Tenda ini memiliki kelebihan tahan terhadap angin dan hujan serta tidak mudah roboh. Untuk tenda yang cukup canggih dan kuat ini memang kita harus mengeluarkan uang yang lebih banyak karena tenda ini mempunyai harga yang lebih mahal. Selain itu beban bobot tenda ini lebih berat jika dibandingkan dengan tenda lainnya, sehingga menjadikan tenda ini tidak terlalu sering digunakan untuk kegiatan umum.

 

TENDA RIDGE ATAU A CAMP

Desain klasik dari tenda ini menjadikannya merupakan salah satu jenis tenda yang paling populer di masa lampau. Tenda jenis ini pastinya lebih mudah ditemukan di beberapa lokasi kegiatan perkemahan. Jenis tenda ridge ini memang lebih mudah digunakan sehingga disenangi banyak kalangan petualang karena desainnya yang kokoh.

Meskipun banyak dipakai oleh umum namun jenis tenda ini ternyata mengurangi ruang penyimpanan dan ruang untuk tidur, karena memiliki dinding yang miring. Selain itu desainnya yang klasik membuatnya menjadi terkesan kuno, apalagi tenda jenis ini mempunyai bobot yang lebih berat dibandingkan dengan jenis tenda lainnya.

 

TENDA TUNEL

Yang satu ini adalah tenda yang lebih mengutamakan kenyamanan dan kebersamaan selama kegiatan perkemahan berlangsung. Tenda tunel adalah pilihan yang tepat untuk digunakan karena membentuk terowongan memanjang dan memberikan ruang yang lebih sehingga memiliki ruang yang cukup lega untuk berkumpul di dalam tenda. Selain memiliki kelebihan dalam ukuran dan bentuknya yang besar, tenda ini sedikit lebih berat dari tenda sebelumnya dan tidak terlalu tahan dengan angin kencang. Selain itu kelemahan lain dari tenda ini adalah dalam Pemasangan tenda ini bias menghabiskan waktu yang relative lebih lama, dan tidak bias di dirikan sendirian sehingga memerlukan lebih dari satu orang untuk mendirikan tenda jenis ini.

 

TENDA KUBAH POP-UP

Tenda kubah pop up adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin berkegiatan atau berpetualang di alam bebas tapi gak pengen ribet dengan tempat istirahat. Tenda jenis ini memang sering sekali digunakan oleh para petualang modern dan kaum millennial untuk dijadikan tempat istirahat saat sedang dalam perjalanan. Saking mudahnya mendirikan tenda ini, kita hanya tinggal membukanya saja, kemudian tenda ini akan segera berdiri dalam hitungan detik. Pada Umumnya jenis tenda ini tidak terlalu besar, bahkan untuk kapasitasnya tergolong kecil, karena hanya cukup untuk satu sampai dua orang saja. Untuk harganya kita juga harus membayar lebih karena cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis tenda lainnya.

 

TENDA KUBAH (DOME)

Yang terakhir ini merupakan jenis tenda yang paling banyak digunakan oleh para petualang. Tenda kubah atau dome adalah salah satu jenis tenda yang paling popular di masa kini. Tenda ini memiliki ciri khas dengan bentuk melengkung pada tiang-tiang penyangganya sehingga membuat tenda jenis ini cocok sekali untuk dibawa menemani petualangan kamu. Beberapa keunggulan dari tenda ini adalah lebih mudah mendirikannya, bobot yang ringan dengan bentuk depan yang bagus, serta jumlah penyangga yang lebih banyak dan harga yang relatif terjangkau. Tapi dalam hal kenyamanan dalam penggunaannya, tenda ini tidak sanggup bertahan lama di cuaca angin kencang dan salju.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.